cara mudah investasi reksadana
pexels.com

Pengalaman Investasi Reksadana di Marketplace

Ini adalah pengalaman pribadi saya berinvestasi reksadana di salah satu marketplace terkenal di Indonesia yang tidak dapat saya sebutkan di mana tempatnya agar postingan ini netral dan tidak mengarah ke promosi.


Daftar Isi


Sejak kapan berinvestasi dan mengapa memilih marketplace dibandingkan tempat yang lain

Saya lupa tepatnya kapan memulai investasi reksadana ini, seingat saya sudah lama sejak 2018 silam.

Alasan mengapa saya memilih marketplace sebagai tempat berlangganan reksadana adalah karena saya sangat sering bertransaksi di marketplace tersebut dan marketplace tersebut mendukung bank yang saya gunakan untuk menampung dan transfer dana saya. Sedangkan di tempat lain saya harus terkena fee karena biaya transfer lain bank.

Bagi saya pribadi, sebenarnya semua tempat berlangganan reksadana sama saja, tergantung apakah anda nyaman dengan fasilitas yang diberikan.

Pastikan saja reksadana yang anda pilih sudah diawasi dan dilindungi oleh OJK.

Estimasi keuntungan reksadana setiap bulan

Harap diingat ini adalah estimasi keuntungan reksadana yang berarti tidak akan selalu sama dari waktu ke waktu. Saya sendiri sudah mengamati kisaran keuntungan dari investasi yang saya lakukan.

Kurang lebih untuk dana 1 juta, estimasi per hari adalah 200 rupiah.

Ingat sekali lagi, ini adalah estimasi.

Itu berarti dalam satu bulan estimasi keuntungan adalah 4 ribu rupiah, saya mengalikan dengan 20 hari, bukan 30 hari.

Jadi jika anda berinvestasi 2 juta, maka estimasi keuntungan adalah 400 rupiah per harinya atau 8 ribu sebulan.

Terlihat tidak banyak, namun jika dibandingkan dengan bunga bank tentu reksadana pemenangnya. Saya menerima keuntungan bersih tanpa potongan sama sekali.

Alasan investasi reksadana lebih baik daripada menabung di bank

Saya sudah membandingkan antara keuntungan investasi reksadana dibandingkan menabung di bank dengan nominal yang sama.

Jelas bahwa reksadana memberikan keuntungan lebih banyak dibandingkan menabung di bank karena anda akan dikenakan biaya bulanan, sedangkan bunga bulanan anda belum cukup untuk menutupi semua biaya bulanan tersebut.

Dengan investasi reksadana, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak sehingga biaya admin bank bisa dikurangi, lebih baik lagi jika anda menabung di jenis rekening yang tidak ada potongan sama sekali sehingga keuntungan bisa lebih maksimal.

Penarikan juga bisa dilakukan di hari yang sama. Memang tidak instan seperti menarik uang di ATM. Biasanya saya melakukan penarikan pagi hari dan sore sudah masuk rekening. Begitu juga saat melakukan penarikan di malam hari biasanya pagi hari dana sudah masuk rekening.

Hal ini tidak menjadi masalah bagi saya karena biasanya saya memiliki rencana sebelum menarik dana reksadana entah itu untuk keperluan yang sifatnya tidak terlalu urgent.

Masih ragu investasi reksadana?

Wajar masih ada keraguan bagi sebagian besar orang untuk berinvestasi di reksadana mengingat reksadana masih asing di tahun 2020, belum lagi stigma investasi masih sangat buruk karena ulah oknum-oknum yang menjanjikan keuntungan investasi di luar kewajaran.

Ya, semua kembali ke pilihan masing-masing, bagi yang masih nyaman menabung di bank silakan lanjutkan, namun bagi saya yang sudah tahu betul resiko reksadana tentu saya akan memilih reksadana (padahal sebenarnya menabung di bank terkena resiko inflasi).

Semoga bermanfaat. 

Comments

Mantap! Anda hampir selesai membaca artikel ini.

Mau update artikel bermanfaat lainnya? Gampang, cukup masukkan email anda lalu klik 'Subscribe', gratis!