cara mudah refund ps plus ke kartu kredit
pushsquare.com

Pengalaman Refund PlayStation Plus

Bagi yang punya PS, layanan PS Plus tentu tidak asing lagi. Dengan berlangganan PS Plus kita akan diberikan games gratis setiap bulannya. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan games AAA di bulan tersebut, katakanlah seperti saya yang sempat mendapatkan games: Just Cause, Uncharted, God of War dan masih banyak lagi. PS Plus memang benar-benar solusi memainkan games original dengan harga terjangkau.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika dana saya sejumlah 229rb yang seharusnya untuk berlangganan PS Plus dikembalikan oleh pihak Sony ke kartu kredit.

Mengapa saya melakukan refund? Bagaimana caranya? Berapa lama prosesnya?

Semuanya akan saya jelaskan di sini.


Pengalaman Refund PlayStation Plus


Alasan melakukan refund PS Plus

Jadi beberapa bulan lalu saya menjual PS dan saya ingat betul status saya masih berlangganan PS Plus yang 3 bulan. Saat PS terjual masih ada sisa 1 bulan lagi masa berlangganan.

Oke sampai sini tidak ada masalah.

Beberapa waktu kemudian di suatu hari saya mendapatkan notifikasi bahwa PS Plus saya sudah diperpanjang.

Wah kenapa bisa? Sementara PS saya sudah terjual, buat apa dong perpanjang PS Plus?

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata di account PS secara tidak sengaja saya mengaktifkan auto renewal atau perpanjangan otomatis, itulah penyebab muncul tagihan sejumlah 229rb di kartu kredit.

Merasa ini semua adalah kesalahan yang ditimbulkan oleh diri sendiri, saya berupaya untuk mendapatkan dana 229rb tersebut.

Proses pengajuan refund PS Plus

Di tahap ini sebenarnya saya sudah merasa sedikit agak pasrah, semua ini terjadi memang karena kecerobohan saya. namun saya tetap coba untuk melakukan proses refund.

Setelah dicoba ternyata caranya sangat mudah!

Pertama, silakan kirim email ke cic.indonesia@ap.sony.com dengan subjek refund PS Plus, lebih baik lagi kirim email menggunakan email yang anda gunakan untuk login ke akun PS.

Format/isi email terserah saja, intinya anda ingin melakukan refund, sertakan email login akun PS, ID PSN, nomor transaksi yang ingin dibatalkan, jumlah yang ingin dibatalkan. Saya sendiri menyertakan nomor kartu kredit agar lebih meyakinkan pihak Sony.

Setelah email terkirim, tunggu beberapa hari, maka pihak Sony akan membalas, kurang lebih isinya seperti ini:

Dear Mr. Made,

Thank you for your email.

Responding to your email, related with your inquiry, after we coordinate your inquiry to our related department, we would like to inform that we have already replied to your email on April 9. We have looked into your request and we found out that you have subscribed the PlayStation Plus membership within 14 days, and this is the first time you request for a refund for PlayStation Plus, each account is eligible for a refund for PlayStation Plus once. Based on our refund policy, we are able to refund Plus membership to your Credit Card. We hope we resolved your issue. In case your inquiry is not resolved, please contact us.

Should you have further enquiries, do not hesitate to inform us you can visit our website https://asia.playstation.com/en-id/

Have a pleasant day.

Best Regards,
Customer Information Center
PT Sony Indonesia

Pihak Sony benar-benar sangat profesional dalam melakukan hal ini, respon yang diberikan tidak lama.

Akhirnya dana refund kembali ke kartu kredit

Setelah menunggu tagihan kartu kredit berikutnya, saya melihat muncul status CR sebesar 229rb. Pas mantap, itu adalah dana refund PS Plus.

refund playstation plus ke kartu kredit

Jika dihitung dari pengajuan refund sampai muncul tagihan terbaru, semuanya menghabiskan waktu kurang dari satu bulan saja, terbukti dari dana refund muncul di tagihan kartu kredit bulan berikutnya (bukan 2 atau 3 bulan berikutnya).

Tips menghindari tagihan kartu kredit tak terduga

Bagi anda yang berlangganan PS Plus, pilihan auto renewal sangat memudahkan kita untuk membeli konten secara original, jika memang ini tidak terlalu dibutuhkan anda bisa menonaktifkan auto renewal. Sepengalaman saya, di kemudian hari anda hanya perlu untuk konfirmasi saja jika ingin membeli games atau subscribe Ps Plus, tidak perlu memasukkan data kartu kredit lagi.

Memang sedikit agak ribet, tapi semua itu terserah pilihan anda.


Sangat gampang kan? Nah bagi yang ingin melakukan refund Ps Plus silakan bisa lakukan cara di atas. Jika perlu bantuan atau ada pertanyaan silakan isi di kolom komentar.

Semoga membantu.

Comments

Mantap! Anda hampir selesai membaca artikel ini.

Mau update artikel bermanfaat lainnya? Gampang, cukup masukkan email anda lalu klik 'Subscribe', gratis!