About

Hai semua, salam kenal..


Tak kenalan maka tak kenal


Tentang saya

Perkenalkan, nama saya Made Gelgel, pemilik domain dan blog MadeGelgel.com, dilahirkan tanpa privilige pada tahun 1991 di Kabupaten Jembrana, Kabupaten paling barat pulau Bali.

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang diri saya, apa yang saya lakukan dan sebagainya, yang jelas saat ini saya disibukkan dengan kegiatan menjadi seorang suami.

Tentang MadeGelgel.com

Ini adalah kisah panjang, dimulai sejak tahun 2009 di mana blog ini sudah banyak mengalami transformasi.

Maret 2009

Adalah bulan dan tahun saat blog ini dibuat, tepatnya pada tanggal 2 Maret 2009, dulunya saya menggunakan Blogger sebagai platform dengan domain awal: mdgelgel.blogspot.com.

Saat itu isi dari blog ini sangat random, mulai dari keseharian saya, apa yang saya alami, bercerita tentang keluh kesah menjadi seorang Blogger pemula seperti susahnya belajar SEO.

Sama seperti ABG pada umumnya, saya tidak memikirkan benar tidaknya gaya penulisan karena masih cendrung labil.

Wah akhirnya buat BLOG juga, fuhh...

Tepat pada hari ini, tanggal 2 Maret 2009, saya, Made Gelgel telah menyelesaikan sebuah blog yang masih acak-acakan!!!

Lagi sibuk-sibuknya cari soal buat ujian nasional, sempet-sempetnya juga buat blog, huh dasar!

Udah, gitu aja, buat temen-temen yang mungkin mau buat blog, trus gak tau caranya, bisa share di sini, kita sama-sama belajar, sama-sama pemalu, eh salah, pemula maksudnya, hehehe...

yang mau komentar, yuuuu mari........

Menjijikan?

Iya, saya juga merasakannya..

Dan tanpa disadari postingan pertama itu mengingatkan saya bahwa saat itu akan ujian nasional.

Hingga pada akhirnya..

September 2009 - Mei 2010

Di tanggal 4 September 2009, saya memberanikan diri untuk membeli domain madegelgel.com karena beberapa alasan.

Pertama, saya sudah bisa mendapatkan penghasilan dari internet, waktu itu bisnis online yang sedang marak adalah membuat review. Meskipun hasilnya tidak banyak, namun rasanya ada kebanggaan tersendiri di saat bisa mendapatkan uang dari jerih payah sendiri.

Penghasilan dari membuat review
Penghasilan dari membuat review

Kedua, konon blog/website yang menggunakan TLD domain (seperti .com) bisa mendatangkan lebih banyak sponsor.

Karena alasan tersebut saya memberanikan diri membeli domain, selain itu domain adalah sebuah aset di mana domain sifatnya unik, madegelgel.com hanya ada 1 di dunia dan hanya milik saya.

Penghasilan dari sponsor

Dan ternyata memang benar dari sebuah blog saja saya bisa mendapatkan hasil yang di luar dugaan. Tidak terbayang di jaman 2009 seorang anak SMA seperti saya bisa membeli barang yang saya inginkan tanpa harus meminta ke orang tua.

Di rentan waktu ini, saya lebih sering mengerjakan permintaan sponsor daripada menceritakan tentang keseharian saya seperti era awal membuat blog. Sesekali saya selipkan postingan tentang tips SEO dan tips mendapatkan penghasilan dari blog.

Juni 2010 - Agustus 2010

Di rentan waktu ini saya lebih fokus untuk merambah bisnis online lainnya, yaitu Google Adsense.

Benar, penghasilan online yang kini digandrungi selebritis (terutama lewat youtube) sudah saya geluti sejak tahun 2010.

Namun ternyata berbisnis Adsense ternyata tidak senikmat paid-to-review. Perjalanan Adsense tidak berjalan sesuai harapan dan akhirnya saya akhiri, sementara blog ini agak jarang saya update.

September 2010 - Februari 2014

Ini adalah rentan waktu yang paling kelam.

Karena kesibukan dunia nyata dan berakhirnya masa keemasan membuat review, membuat blog ini tidak update sama sekali..

Benar..

Sama sekali tidak pernah update..

Bahkan, domain madegelgel.com expired dan diambil alih orang lain.

Terpaksa, kembali menggunakan sub domain yang diberikan Blogger namun saya rubah menjadi madegelgel.blogspot.com (mulanya mdgelgel.blogspot.com).

Maret 2014 - September 2018

Memiliki waktu luang lagi, akhirnya blog ini saya mulai update sedikit demi sedikit.

Pada rentan waktu ini saya banyak membuat postingan mengenai permasalahan yang saya hadapi, terutama masalah-masalah yang terjadi pada barang saya (laptop, hp, PS4), tips SEO dan hal tidak penting lainnya.

Oh ya, kalau tidak salah ingat, di rentan waktu ini domain madegelgel.com berhasil saya dapatkan kembali, domain blog pun berubah dari sebelumnya madegelgel.blogspot.com menjadi madegelgel.com lagi.

Sesekali saya mencoba peluang untuk mendapatkan penghasilan dari internet, memang berhasil tapi tidak banyak. Salah satunya adalah pasang iklan.

Penghasilan dari pasang iklan

Tidak banyak, tapi tetap saja uang adalah uang.

Meskipun recehan, uang tetaplah uang

Meskipun tidak banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah, setidaknya saya masih memiliki kemampuan untuk menghasilkan dari internet, saya pikir ini cuma perlu lebih serius lagi.

Agustus 2018 - Maret 2020

Ini adalah rentan waktu di mana saya lebih fokus membuat postingan tentang trading forex, di sela-sela postingan tentang trading saya masih menyelipkan postingan tentang keseharian, namun hampir tidak ada membahas tentang bisnis internet selain trading online.

April 2020 - September 2021

Sekitar awal bulan April 2020 MadeGelgel.com resmi pindah platform dari Blogger ke self-hosting.

Karena pindah platform, blog yang masih menggunakan Blogger kembali menggunakan sub domain madegelgel.blogspot.com dan masih tetap bisa diakses sampai saat ini.

Ini adalah rentan waktu di mana saya sangat serius membuat artikel tentang trading, saking seriusnya blog ini hanya berisi tentang trading dan investasi.

Bahkan, saya sempat membuat channel youtube yang khusus membahas tentang trading. Salah satu konten yang paling banyak mendapatkan perhatian adalah paradigma baru tentang bandarmologi.

Dari sudut pandang saya sendiri, bandarmologi adalah sebuah konsep di mana trader memposisikan diri sebagai "bandar", bukan "pemain".

Namun, karena suatu alasan saya berhenti untuk update channel youtube lagi.

Oktober 2021 - Februari 2022

Dan terjadi lagi..

Karena kesibukan dunia nyata terpaksa saya harus mengabaikan blog ini untuk beberapa saat.

Di rentan waktu ini saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama istri tercinta, hampir tidak ada kegiatan online yang saya lakukan, termasuk update blog.

Maret 2022 - Sekarang

Oke..

Ternyata menjadi seorang suami otomatis membuat permasalahan hidup semakin banyak, entah itu disengaja atau tidak.

Kabar baiknya, justru hal itu membuat saya memiliki bahan postingan untuk blog ini.

Semakin banyak masalah, semakin banyak juga yang bisa saya bagikan, lengkap dengan solusinya (jika ada).

Hal ini juga membuat saya tersadar bahwa setidaknya blog ini harus bisa memberikan manfaat/solusi untuk semua orang. Oleh karena itu, sejak Maret 2022 saya berupaya untuk bisa update blog ini lagi.

"Catatan Digital Sang Peretas Kehidupan", adalah tagline yang saya pilih dan gunakan saat ini.

Bukan tanpa sebab..

Sebagai manusia yang terlahir tanpa privilege membuat saya seringkali mengalami hal yang tidak menyenangkan, namun karena itulah muncul ide-ide kreatif yang menjurus pada jalan pintas untuk menyelesaikan masalah yang sedang saya hadapi (life-hack).

Jadi, karena alasan itulah blog ini kembali seperti di era awalnya di mana sangat banyak berisi tentang pengalaman hidup sang pemiliknya.

Mengenai postingan making-money-online kemungkinan akan jarang saya update, yang jelas saat ini saya masih berkutat di dunia website, aset digital, periklanan, jasa SEO dan segalanya yang bisa dijual via Paypal untuk mendapatkan penghasilan tambahan setidaknya "seribu dua ribu" setiap bulan.

Setidaknya ilmu blogging/website/SEO yang saya pelajari sejak 2009 masih relevan dan bisa memberikan penghasilan tambahan konsisten setiap bulannya di tahun 2020 (dan selanjutnya) meskipun tidak harus selalu ada di depan layar.

Selanjutnya

Mulai dari postingan yang membicarakan hal tidak penting, tentang pengalaman sendiri, tips mencari penghasilan di internet, tips blogging, lalu bertransformasi menjadi blog yang hanya membahas tentang trading, dan kini kembali seperti di awal, adalah sebuah perjalanan yang tidak pernah direncanakan sebelumnya.

Saya tidak tahu dan tidak memiliki rencana nantinya blog ini akan menjadi apa, atau mungkin akan khusus membahas tentang apa, yang jelas saya ingin blog ini bermanfaat bagi banyak orang.

Itu saja..


Akhir kata

Terakhir, jika memang anda mendapatkan kebaikan dari blog ini, jangan lupa sebarkan ke yang lainnya. Siapa pun anda, tidak peduli anda berasal dari planet mana, saya doakan agar senantiasa sehat dan sukses selalu.

Terima kasih sudah berkunjung.

Bandung, 9 April 2020
Made Gelgel Dwi Darma