Probabilitas: Hal Mendasar yang Seharusnya Diketahui Trader
wallpaperflare.com

Probabilitas: Hal Mendasar yang Seharusnya Diketahui Trader

Sebagian besar trader memulai perjalanannya dengan mencari teknik trading, kebiasaan ini seperti rantai yang tak pernah putus di mana trader yang baru muncul selalu melakukan hal yang sama dan akhirnya memiliki akhir cerita yang sama pula.

Mendengar kisah tentang trader sukses dan segera ingin memulai trading dengan sibuk mencari strategi trading, apakah itu salah?

Menurut saya tidak, namun kurang tepat dan akibatnya bisa sangat fatal.

Langsung mencari strategi trading adalah lompatan jauh yang dilakukan oleh trader, padahal sebenarnya banyak hal di luar teknis yang patut diketahui trader terlebih dahulu.

Jika tidak demikian, lalu apa yang harus dilakukan trader pemula? Semuanya akan saya bahas di artikel ini.


Hubungan Probabilitas & Trading


Mengenal teori probabilitas

Terkesan probabilitas tidak ada hubungannya dengan dunia trading karena istilah ini biasanya muncul pada pelajaran sekolah, padahal sebenarnya sangat erat.

Sederhananya, probabilitas adalah kemungkinan atau peluang suatu hal akan terjadi.

Di dunia trading tentu ada probabilitas dan hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi saat trading, sudah terbayang?

Hubungan probabilitas dengan trading

Saat trading, hasil yang akan kita dapatkan masih berupa kemungkinan, kemungkinannya ada dua: mungkin profit, mungkin loss.

Sekalipun kondisi market sedang sideway, suatu saat nanti akan membawa kita ke salah satu sisi karena tidak selamanya market akan sideway (rata/datar).

Bisakah seseorang memastikan akan profit atau loss? Saya yakin tidak ada, kalaupun ada saya yakin dia pihak marketing sedang menjual sesuatu.

Karena masih berupa kemungkinan, maka dalam trading profit dan loss akan didistribusikan secara acak, sehingga kita tidak akan pernah tahu kapan saatnya akan profit atau loss. Perhatikan gambar di bawah:

distribusi acak profit dan loss dalam trading

Misalkan anda akan trading dan melakukannya sebanyak 100 kali, karena distribusi acak maka dari 100 kotak tersebut anda tidak dapat memastikan kotak mana yang akan berakhiran dengan loss/profit.

Ingat, tidak ada kepastian dalam trading.

Faktanya, banyak trader tidak menyadari, memahami dan bisa menerima kenyataan ini, karena terlanjur sudah teracuni oleh pemikiran akan profit, menang banyak, tidak akan loss dan sebagainya.

Akhirnya apa? Hanya menyisakan penyesalan sedangkan modal/balance tidak tersisa sedikitpun, ujung-ujungnya koar-koar mengatakan trading itu bla bla bla...

sumber: giphy.com

Sebagai seorang trader sudah seharusnya menyadari bahwa kegiatan trading erat dengan probabilitas, begitu pula dengan kegiatan lainnya tidak akan pernah lepas dari probabilitas. Konsep ini memang sangat sederhana, mau tidak mau, suka tidak suka, seorang trader harus bisa menerima kenyataan yang tidak menyenangkan ini.

Boleh percaya atau tidak, trading adalah kegiatan yang sangat tidak menyenangkan, tidak akan pernah ada kepastian di sini, yang bisa anda lakukan hanya melawan fitrah manusia yang menyukai kepastian (ya, saya juga melakukan perlawanan itu). Memaksakan kepastian di trading hanya mengantarkan kita pada kekecewaan yang mendalam.

Dalam, sangat dalam, lebih dalam dari palung Mariana.

Ketika seorang trader memahami dan menyadari kaitan antara probabilitas dan trading

Trader yang menyadari bahwa tidak ada kepastian saat trading akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi, menyadari bahwa tidak akan pernah tahu apa hasil akhir trading berikutnya, entah loss atau profit.

Bahkan seorang master trader (yang memang benar master) tidak akan pernah tahu apa hasil trading berikutnya meskipun sudah melakukan analisa dengan baik dan benar.

Saya bicara soal master sungguhan, bukan master abal-abal yang penuh dengan disclaimer.

Menyadari probabilitas dalam trading adalah salah satu tiket yang mengantarkan seorang trader pada kesuksesan. Tidak peduli siapa orangnya, pemula ataupun yang sudah lama.

Memahami probabilitas saja belum cukup

Meskipun kita sebagai trader tidak akan pernah tahu apa hasil trading berikutnya, bukan berarti tidak bisa menghasilkan profit secara konsisten. Ada beberapa teori dan pemahaman lainnya yang wajib kita padukan dengan probabilitas agar trading yang kita lakukan berujung pada profit konsisten, semua ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Sampai di titik ini saya harap semua trader menyadari bahwa trading adalah probabilitas.

Sadar tidak sadar, segala hal yang akan terjadi di hidup ini masih berupa kemungkinan, yang dapat kita lakukan hanya berencana.

Salam satu frekuensi.

Comments

Mantap! Anda hampir selesai membaca artikel ini.

Mau update artikel bermanfaat lainnya? Gampang, cukup masukkan email anda lalu klik 'Subscribe', gratis!